Saturday, 31 December 2011

Observasi (Part II)

      Deng..deng... welcome to obsevation part II, kemaren kan observasi pertama ke SLB ni, sekarang hari Kamis kemaren tanggal 29 Desember, kita (PLB 2011 UNS) ngadain observasi di BBRSBD Dr. Soeharso (maaf kalo salah nama)hehehhehe. Kita observasi buat memenuhi tugas Rehabilitasi ABK. Disitu kita mengamati tentang rehabilitasi tunadaksa. Do you know.... observasi kali ini nggak bosenin, tapi bikin capek, kenapa? tempatnya kan luas kan bo', kita muterin semua sudut disana. hehehhe. Pengen sih berhenti, tapi beneran rugi kalo kita nggak tau info tentang ini. Hehehhe. Seasik apa observasi kali ini?hehehhehe
     

Friday, 30 December 2011

6th ASEAN PARA GAMES

Heyho.....
     Nulis lagi,hehhee, ada acara lama yang baru bisa aku tulis sekarang ni, maklum minggu2 UK, :p (padahal juga nggak ngapa2in)hehhhe, Apa kah cerita itu? tereeeeeeeeet... 6th ASEAN PARA GAMES!!!!! Masih nggak ngerti juga? hehehhe, jadi gini, kalian tau SEA GAMES kan? nah, kalo PARA GAMES ini tu, SEA GAMES nya athlet-athlet berkebutuhan khusus. Jadi semua athletnya berkebutuhan khusus semua. Keren kan?hehehe



Sunday, 11 December 2011

Teknologi untuk ABK?? Emang Ada?

Ngomongin perkembangan teknologi, emang nggak ada abisnya. Kalo ngomongin perkembangan ABK untuk orang-orang normal (tidak mengalami kelainan tertentu) tentu banyak banget yang bisa kita sebutin. Contohnya, perkembangan smartphone, perkembangan yang dari PC bisa jadi tablet, dsb. Hampir semua perkembangan teknologi bisa kita temui bahkan kita dapetin. Contoh lagi, anak muda sekarang mana ada yang nggak pake smartphone, anak muda sekarang mana yang yang nggak tau gadget-gadget seperti iPad, iPhone, tablet,BB, dsb. 
Tapi, kalo kita ngomongin masalah gadget buat ABK (anak berkebutuhan khusus), menurut kalian ada? Jawabannya, JELAS ADA. malahan mereka punta lebih banyak gadget keren dan tepat fungsi buat mereka. Contoh ni ada Jam Tangan Braille, 

Friday, 2 December 2011

Observasi (Part I)

I'm not a good writer. hehehe. Posting nggak mesti gini,hehe. Ada sedikit pengalaman baru ni di dunia luar biasa. hehhehehe. Beberapa waktu lalu ada observasi di SLB N Surakarta ni. Nggak nyesel kok, acaranya asik. hehehe. Bersama kelompok RAWR, let's rock! B)
 
 Kelompok RAWR

Do you know?

i just posted about my experience "PELATIHAN BAHASA ISYARAT" in my blog http://grahitaws.blogspot.com/2011/12/pelatihan-bahasa-isyarat.html 
read and comment guys.. :)

Friday, 9 September 2011

Que Sera, Sera


     Pertama kali saya melihat video ini di tayangkan oleh salah satu stasiun tv yang saya lupa namanya (bukan stasiun tv biasa) sebagai iklan tentang hidup. Setalah saya melihat video ini banyak ada perasaan bangga, haru, dll. Dan percaya atau tidak, video ini juga menjadi salah satu hal yang memperkuat saya untuk masuk kedunia pendidikan khusus.

Saturday, 3 September 2011

Klasifikasi Anak Tunagrahita

      Mungkin kita mungkin pernah atau bahkan sering mendengar pernyataan tunagrahita = idiot. Kita mungkin juga pernah melihat anak tunagrahita yang bisa bekerja sisalah satu bidang pekerjaan. Ya, memang, tidak semua anak tunagrahita sama, karena tunagrahita sendiri memiliki  klasifikasi tersendiri.
     Pengelompokan pada umumnya didasarkan pada taraf intelegensinya. Terdiri atas keterbelakangan ringan, keterbelakanga sedang, dan keterbelakangan berat. 

Sebab Ketunagrahitaan

     Banyak pendapat tentang apa yang menyebabkan seseorang mengalami tunagrahita. Bahkan suatu kalangan ada yang mengatakan bahwa seseorang yang mengalami tunagrahita merupakan seseorang yang mendapat kutukan, atau kepercayaan mistis lainnya.
     Setelah saya membaca beberapa aratikel, ternyata semua kekurangan fisik mau mental terjadi saat, sebelum dilahirkan (pra natal), saat dilahirkan (natal) dan setelah dilahirkan (post natal). Ketunagrahitaaan pun juga terjadi pada masa-maasa tersebut.

Wednesday, 31 August 2011

Istilah Tunagrahita

     Ada banyak istilah untuk tunagrahita. Salah satunya hendaya atau penurunan kemampuan atau berkurangnya kemampuan dalam segi kekuatan, nilai, kualitas, dan kuantitas. Sumber lain yang saya dapat, istilah-istilah yang sering dikaitkan dengan tunagrahita adalah lemah pikiran (Feeble Minded), terbelakang mental (Mentally Retarded), bodoh atau dungu (Idiot), pandir (Imbecile), tolol (Moron), oligofrenia (Oligophrenia), mampu didik (Educable), mampu Latih (Trainable), ketergantungan penuh (Totally Dependent) atau butuh rawat, mental subnormal, defisit mental, defisit kognitif, cacat mental, deifisiensi mental, gangguan intelektual.


Pengertian Tunagrahita

      Banyak pengertian tentang tunagrahita. Salah satu yang saya dapatkan dari beberapa sumber adalah pengertian menurut American Asociation on Mental Deficiency/AAMD yang meliputi fungsi intelektual umum di bawah rata-rata (Sub-average), yaitu IQ 84 ke bawah berdasarkan tes, yang muncul sebelum usia 16 tahun, yang menunjukkan hambatan dalam perilaku adaptif. Sedangkan pengertian tunagrahita menurut Japan League for Mentally Retarded (1992: p.22), fungsi intelektualnya lamban, yaitu IQ 70 kebawah berdasarkan tes inteligensi baku., kekurangan dalam perilaku adaptif, dan terjadi pada masa perkembangan, yaitu anatara masa konsepsi hingga usia 18 tahun. 

   

I'm Grahita, and I care about "Tunagrahita"

       Dalam tugas kali ini saya memilih tunagrahita. Bukan karena saya bernama Grahita lalu saya memilih tunagrahita, tetapi saya memilih karena saya harus memilih. Kalau saja saya tidak perlu memilih, saya akan sangat senang bisa mengetahui atau berbagi info tentang semua yang berhubungan dengan pendidikan khusus, tunarungu, tunawicara, tunanetra, tunalaras, tunadaksa, autis, gifted and talented, dll. Menurut saya semua yang ada di pendidikan khusus itu menarik. Walaupun saya belum mengetahui banyak tentang hal tersebut, sedikit pengetahuan yang saya dapat membuat saya bisa mengatakan hal tersebut.  
      Inti dari yang saya bicarakan, adalah, saya tertarik semua hal di pendidikan khusus. Inti dari intinya, tunagrahita adalah hal pertama yang saya pikirkan saat saya mencoba memilih. So, enjoy my blog, take and give more information, and have fun. :)

Tuesday, 23 August 2011

Tugas Liburan

     Tugas liburan lebaran, bikin blog untuk berbagi info tentang pendidikan luar biasa.. I think it's great guys,hehhe.
It's my new blog, follow me guys, then i'll follow your blog.. :)

ps: numpang promosi, follow my blog juga ya, http://grahitaws.blogspot.com