Thursday, 25 October 2012

Observasi (Part 4)

Salam Luar Biasa!! B)
This is the fourth observation in my class...
Yup, semester 3 dengan 4 kali observasi besar dan diikuti observasi kecil lainnya, hehehehe. Kemaren tanggal berapa ya lupa, tanggal belas-belasan pokoknya, bulan Oktober ini gue sekelas observasi ke SLB A YAAT Klaten. Observasi ini dalam rangka tugas mata kuliah Braille coys.. Disana gue dapet informasi yang keren banget tentng gimana caranya bikin buku Braille, gimana pengalaman para oknum-oknum Pendidikan Luar Biasa, gimana pengalaman tunanetra dll. It's fuckin' amazing info coys!!!!
ternyata bikin buku buat tunanetra itu simple, tapi beberapa part emang rumit, bisa dimulai dengan scan atau pun ngetik, trus kita ganti ke format lain.. trus kita masukin ke MBC 4 (Aplikasi dibikin ke braille) trus di print! Do you know? the printer is so big. Bigger than our print! Maklum ya, kan ngeprint nya ntar bentuknya braille. Hehehhe. Setelah di print ntar di jilid trus finishing dengan cover. O iya, sebelum diprint, kita harus editing dengan seksama, waktu paling lama itu ya pas editing ini, karena kita harus cek supaya ngga salah pengertian, bayangin aja kalo matematika, mati botak kita. :D hehehehe.

Pas penelitian liat-liat ruang kelas, SLB ini sangat sangat memmfasilitasi, SLB ini udah punya studio band, ruang kelas yang memadai, laptop bicara (dengan JAWS) dan aksesbillitas lain yang sangat membantu tunanetra. SLB ini juga sudah sangat berpengalaman dengan guru-guru yang keren-keren. Salah satu nya Bapak Afi, yang ngasih kuliah kemarem. Beliau adalah tunanetra, dan ketunanetraannya terjadi setelah ia bekerja menjadi salah satu staff di kantor. Pertama beliau low vision, lama-lama beliau tunanetra. Awalnya beliau tidak mau untuk bekerja di SLB tapi setelah bapak Bagyo (dosen braille gue dan kepsek SLB tsb) mengajak beliau untuk main-main di SLB beliau menyetujui dan sampai sekarang bekerja disana dengan proses yang lama. Hehehe. Selain itu adalagi Bapak siapa gitu lupa namanya yang dipekerjakan di SLB tersebut setelah beliau sudah bekerja di STM,  beliau juga tunanetra setelah lulus sekolah, nah setelah tunanetra dan bekerja lama di SLB beliau kembali normal, tetapi tidak mau keluar dari SLB karena kerasan di SLN tersebut. Luar Biasa. hehehehehe. 
Ini sangat menunjukkan betapa indahnya dunia ini. Dengan pengalaman yang sangat menginspirasi kita, dan info yang sangat memotivasi. You should try to visit this Special School coys.. 
Fotonya nusul ya, masih di kamera temen. B)
Keep rock!!!!

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment